Home‎ > ‎Tips‎ > ‎

3 Cara menulis iklan yang terbukti menghasilkan

diposkan pada tanggal 25 Nov 2014 07.59 oleh Suyanto F

1. Pertahankan fokus kepada konsumen

Bisa dipastikan bahwa pencarian terhadap barang kebutuhan umum akan menampilkan banyak iklan di hasil pencarian Google. Bagaiman caranya agar kita bisa menarik perhatian konsumen dengan iklan kita?

Pesan iklan yang berpusat terhadap konsumen akan mendapatkan RKT (ratio klik tayang) yang lebih tinggi. Ad Copy yang menggunakan kata "Anda" dapat mendongkrak RKT sebesar 65%.

Penggunaan kata "situs resmi", "resmi", "dealer resmi", "asli", "original" juga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen sehingga bisa meningkatkan RKT sebesar 14%


2. Tunjukan manfaat yang didapat bukan fitur produk

Kebanyakan pengiklan sangat antusias menuliskan fitur produk mereka atau kelebihan dari produk mereka dibanding dengan produk kompetitor.

Padahal ini merupakan pendekatan yang salah terhadap konsumen. Karena sebagian konsumen tidak begitu peduli dengan fitur produk Anda dibanding dengan manfaat yang bisa didapatkan. Misalkan "popok anda bebas bahan kimia, dan efektif menyerap air". Masih lebih menarik jika diganti dengan kalimat "Buat Bayi Anda jadi Sehat dan Bersih"

3. Penuhi kebutuhan konsumen bukan hanya keinginan konsumen 

Bayangkan jika anda hendak membeli sepatu boot untuk adik anda. Jika sales tersebut bertanya "Apakah dia menginginkan sepatu boot yang waterproof hanya dengan menambah 50ribu?" Anda akan ragu menjawabnya.

Tetapi jika sales tersebut bertanya "Kita hidup di iklim yang sering hujan, jadi kita membutuhkan sepatu boot yang waterproof." Anda akan lebih tertarik untuk membelinya karena kebutuhannya sudah dijelaskan didepan.

Sama halnya untuk penulisn Ad Copy. Menawarkan keinginan akan menaikkan RKT sebesar 59% tetapi akan menurunkan angka konversi. Tetapi jika kita menawarkan kebutuhan maka angka konversi akan naik. Dari hal ini bisa kita simpulkan bahwa keinginan menarik perhatian, dan kebutuhan mencetak penjualan.

Kesimpulan

Fokus kepada konsumen daripada merek. Manfaat daripada Fitur dan Kebutuhan daripada Keinginan. Ini adalah tiga akar dari pokok yang sama. Dengan kata lain kita harus fokus terhadap konsumen bagaimana mereka dapat memperoleh manfaat dengan memenuhi kebutuhan mereka

Comments