Home‎ > ‎Tips‎ > ‎

Bid iklan untuk Profit atau untuk Posisi Atas

diposting pada tanggal 19 Mar 2016 07.28 oleh Suyanto F   [ diperbarui28 Jun 2016 05.52 ]
Saya Kerap menjumpai orang yang menginginkan posisi iklan di posisi teratas yaitu posisi satu. Karena jika tidak di posisi satu atau dua iklan saya tak akan dilihat orang sehingga tidak akan di klik orang akibatnya.

Terlalu banyak pemasar dan pemilik bisnis bereaksi secara emosional terhadap AdWords. Anehnya, mereka memiliki keyakinan untuk laba maksimal iklan mereka harus di posisi teratas. Tidak ada alasan lain untuk memilikinya, kecuali seluruh inisiatif Anda untuk branding, tapi saya akan menyarankan melawan itu, karena ada strategi yang lebih baik. Jika Anda dibatasi oleh anggaran, Anda akan benar-benar mendapatkan lebih banyak klik dalam anggaran dengan menawar turun, dan jika Anda tidak dibatasi oleh anggaran, dan Anda tidak memiliki margin keuntungan sangat tinggi, maka Anda hanya membiarkan ego Anda menutupi naluri bisnis Anda.

Jika memang orang tidak pernah melihat ke bawah hasil pencarian bagaimana dengan hasil pencarian alami yang letaknya selalu dibawah adwords? Buktinya hasil alami selalu mendapatkan traffic yang konsisten sepanjang bulan. Dan begitu banyak orang menggunakan jasa SEO dengan bayaran mahal dan kontrak per tahun hanya untuk bisa tampil di halaman satu untuk beberapa keyword tertentu saja. Seperti yang telah kita ketahui hasil pencarian alami selalu posisinya dibagian bawah dari adwords.

Untuk keyword yang volume pencariannya tinggi, meskipun iklan kita berada di posisi bawah tetap akan mendapatkan jumlah klik yang cukup banyak. Dan bukan hanya itu, karena pengunjung yang melihat sampai ke bawah itu adalah pengunjung yang sudah siap membeli, karena pengunjung yang mencari informasi sudah bisa dipastikan akan mengklik posisi teratas tanpa membaca sekalipun isi iklannya kadangkala.

Jadi sebaiknya jangan membiarkan emosi menguasai naluri bisnis anda. Lebih baik mengejar jumlah klik maksimal daripada posisi teratas. Pengecualian hanya berlaku untuk kata kunci dengan volume pencarian yang rendah, dalam hal tersebut kita perlu mengejar posisi atas, tetapi dalam kasus kata kunci dengan volume pencarian rendah biasanya biaya per klik nya adalah lebih rendah alias murah.
Comments